Kemurtadan

Dibuat    :  Jumat, 7 Oktober 2016

Penulis   :  Davidson Rumondor

Perihal    :  Nubuatan

Ayat Inti :  Matius 24:10

 

MATIUS 24:10

“Dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.”

 

Adalah sangat perlu dan sangat penting untuk mempelajari akan nubuatan. Pentingnya supaya kita mengetahui dimana kita berdiri saat ini dalam peristiwa garis nubuatan.

Pada ayat diatas ada tiga kata penting yang saya rasa cukup menarik untuk dibahas dan menyangkut ayat ini. Tiga kata tersebut adalah Murtad, Menyerahkan dan Membenci. Saya harap pembaca dapat memperhatikan.

Yang menjadi pertanyaan pada ayat ini adalah:

  1. Apakah peristiwa ini sudah terjadi ?
  2. Adakah saat ini umat Tuhan saling menyerahkan ?
  3. Berapa banyak umat Tuhan yang murtad sekarang ini ?

Pertama yang harus kita tahu adalah apakah ayat ini sudah tergenapi atau belum tergenapi. Jika kita melihat pada saat sekarang ini ada orang yang murtad dari jemaat tetapi ini belum sesuai dengan ayat diatas yang menyatahkan “banyak orang akan murtad”. Jika adanya demikian maka benarkah ayat ini belum terjadi atau mungkin  kita masih perluh mengerti lebih jauh tentang ayat ini. Untuk itu mari kita coba gali dan cari emas harta karun yang tersimpan pada ayat ini.

 

  1. Kata Murtad

Ada bebarapa ayat dalam alkitab yang dapat menjelaskan arti kata murtad pada ayat ini.

 

 

Ibrani 3:12

Waspadalah hai saudara-saudara, supaya diantara kamu jangan terdapat seorang yang hatinya jahat dan yang tidak percaya oleh karna ia murtad dari Allah yang hidup.

 

Keterangan:

Hatinya jahat  dan tidak percaya adalah murtad

 

Mazmur 78:57-58

Mereka mertad dan berkhianat seperti nenek moyang mereka, berubah seperti busur yang memperdaya; Mereka menyakiti hati-Nya dengan bukit-bukit pengorbanan mereka, membuat Dia cemburu dengan patung-patung mereka.

 

Keterangan:

Menyakiti hati Tuhan adalah murtad

 

Yesaya 32:6

Sebab orang bebal mengatakan kebebalan, dan hatinya merencanakan yang jahat, yaitu bermaksud murtad dan mengatakan yang menyesatkan tentang Tuhan, membiarkan kosong perut orang lapar dan orang haus kekurangan minuman.

Keterangan: Murtad itu

1). Mengatakan yang menyesatkan tentang Tuhan

2) membiarkan kosong perut orang lapar

3) Membiarkan orang haus kekurangan minuman.

 

Yeremia 3:6

TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: “sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik keatas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun dan bersundal disana ?

Keterangan: Murtad itu

Bersundal atau Allah lain.

 

 

 

 

Sekarang kembali ke ayat inti matius 24:10 dan kita uji apa maksud sebenarnya dari Murtad itu sebenarnya.

 

Matius 24:10

“Dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.”

Kata Murtad: (offended) (σκανδαλίζω)-skandalizo

–Menyakitkan hati (jadi Menyakiti hati orang=murtad)

 

Menyerahkan: (betray-saling membukakan) (παραδίδωμι-paradidomi= 1. to give into hands- memberikan kepada orang. 2. To commit,  To commend—melakukan atau memberitahkan (saling memberitahkan satu sama lain)

  1. to deliver verbaly- menyampaikan secara lisan(saling menyampaikan secara lisan)

–to deliver by narrating, to report= memberikan dengan menceritakan, melaporkan

 

 

 

Dengankata lain jika di simpulkan ini adalah membicarakan kesalahan orang satu sama lain ( betray one onther).

 

Jadi di akhihir zaman akan banyak orang yang akan murtad yaitu saling menyakiti dan saling menyerahkan yaitu saling membicarakan kesalahan orang lain (menghakimi).

 

Yang lebih bahaya sementara terjadi saat ini adalah membicarakan kesalahan pimpinan, tentang penggunaan perpuluhan (menyalahkan), di dalam jemaat yang terjadi adalah saling menyakiti satu sama lain, kadang-kadang tanpa padang bulu tidak peduli dengan jiwa yang baru di babtiskan, saling menyinggung perasaan, dan saling membenci satu sama lain.

 

Inilah yang memang sementara terjadi yaitu awan kemurtadan yang sedang merasuki umat-umat Tuhan dan bahkan hampir sama sekali tidak sadar bahwa saya atau saudara sedang terbawah dalam arus kemurtadan.

Mintalah kepada Tuhan yang telah rela berkorban bagi kita supaya dengan kuasa-Nya Dia dapat memperbaharui kita karna keslamatan hanya datang dari pada-nya dan supaya tidak terbawah oleh arus kemurtadan yang dibuat iblis. Kiranya Tuhan kita Yesus Kristus Memberkati kita semua.

Tinggalkan komentar