KRONOLOGI PEKABARAN TIGA MALAIKAT

Oleh : Davidson Rumondor
Tema : Wahyu 14:6-12

1. Wahyu 14:6 (Pekabaran Malaikat 1)

Berbicara pada kisaran tahun 1844. Berbicara tentang pengadilan pemeriksaan yang tidak lain adalah William Miler.

-Panggilan keluar dimulai sejak lewat dari tahun 1844, setelah lewat dari kekecewaan besar

1. Bangsa Israel dipanggil keluar mesir

 

 

 

 

 

2. Wahyu 14:8 ( pekabaran Malaikat ke-2)

Tahun 1863 GMAHK di bentuk tapi pergerakannya sudah dimulai dari 1844 (sekitar 20 tahun sesudah  malaikat pertama>William Miler) Yang telah memanggil orang-orang keluar dari protestan dan Katolik yang tidak lain adalah Ellen White.

-revormasi kesehatan diperkenalkan

 

20 Tahun bangsa Israel masih  ditengah padang  gurun

-Yitro mengusulkan  pengorganisasian

-hukum kesehatan diberikan

3. Wahyu 14:9-12 (pekabaran Malaikat ke-3)

>Amaran menyembah binatang

>ketekunan/kesabaran orang-orang kudus

>menuruti Hukum

> iman Yesus (Faith of Jesus)

Justification by Faith, tidak lain malaikat ketiga ini adalah dua orang  A.T Jones & E.J. Wagoner yang berseru pada tahun 1888 (sekitar 20 tahun dari dari dibentuknya GMAHK dan 40 tahun dari pengadilan pemeriksaan—William Miller) (Several have written to me, inquiring if the message of justification by faith is the third angel’s message, and I have answered, “It is the third angel’s message, in verity.”  The Review and Herald, April 1, 1890).

 

 3.  40 tahun bangsa Israel dipadang gurun sampai  di Kadesh, dipadang gurun paran (bilangan 13) dan mengirim 12 pengintai. Dan hanya dua pengintai  Josua & Kaleb yang berseru bahwa Tuhan yang akan membawah kemenangan.
A. Pekabaran  A.T Jones dan E.J Wagoner.

 

What is justification by faith? It is the work off God in laying the glory of man in the dust, and doing for man that which it is not in his power to do himself. When she their own nothingness, they are prepared to be clothed whit the righteousness of Christ. When they begin to praise and exalt God all the day long, then by beholding they are becoming changed into the same image. What is regeneration? It is revealing to man what is his own real nature, that in himself he is worthless. These lessons you have never learned. Oh, that you could realize the value of the human soul. {20MR 117.3}

 

Menganggap dengan usaha sendiri untuk melawan peperangan dalam jiwa yaitu untuk menjadi sempurna bebas dari dosa. Akhirnya menolak pekabaran yang kidmat.

 

(ragu akan pekabaran mereka–=Tirai pemisa)->

Nb: kebahagiaan sejati bab 12=Tirai Pemisah

Hanya dengan Iman Yesus (bukan iman Manusia) yang dapat membuat manusia mampu menuruti hukum Allah yang sebenarnya  manusia tidak mampu lakukan, dan hanya Yesus saja yang dapat membuat  manusia mencapai tanah sorgawi.

(Pekabaran dari A.T. Jones E.J. Wagoner ada di buku “Kabar Kesukaan”)

A.Pekabaran Josua dan Kaleb.

 

Mereka percaya bahwa dengan kuasa Allahlah mereka dapat memasuki tanah kanaan. Dan dengan kekuatan Allah yang dapat membuat mereka berperang dan melakukan apa yang sebenarnya mereka tidak mampu lakuka

 

Kaleb mencoba menentramkan hati bangsa itu “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” Bilangan 13:30.

 

Tetapi bansa itu menganggap mereka berjalan sendiri dan tidak dapat mampu untuk berperang melawan bangsa yang kuat itu. Sehingga bangsa ini harus kembali lagi berkeliling padang gurun.

 

(terjadi keragu-raguan di antara banggsa ini–=Tirai pemisa antara bilik yang suci dan maha suci)

Nb: buku ks bab 12=sama arti/sudah sampai pada tirai pemisah

(hampir memasuki keadaan bilik yang maha suci tetapi kembali berputar dan memasuki keadaan pelataran)

 

Padahal sesaat lagi akan memasuki tanah kanaan.

Amaran di tolak

 

B. Pembelaan

 

Nabi Tuhan Ellen White berdiri dan membelah pekabaran itu.

 

Banyak yang telah kehilangan pandangan terhadap Kristus. Mereka perlu mengarahkan mata mereka langsung kepada sosok pribadi Ilahi-Nya, jasa-jasa-Nya dan kasih-Nya yang tak pernah berubah untuk keluarga manusia. Segala kuasa telah diserahkan ke dalam tangan-Nya, supaya Ia dapat membagikan karunia-karunia yang limpah kepada manusia, memberikan karunia yang tak ternilai dari kebenaran-Nya sendiri kepada manusia yang tak berdaya. Inilah pekabaran yang diperintahkan Allah untuk diberikan kepada dunia. Itu adalah pekabaran malaikat ketiga yang harus dikumandangkan dengan suara nyaring dan disertai dengan pencurahan Roh Kudus dengan ukuran yang besar.” TM 91, 92

“Adalah mungkin bahwa penatua Jones dan Waggoner telah dicampakkan oleh pencobaan-pencobaan musuh. NAMUN SEKALIPUN HARUSLAH DEMIKIAN, HAL INI TIDAKLAH MEMBUKTIKAN BAHWA MEREKA TIDAK MEMILKI PEKABARAN DARI TUHAN, ATAU PEKERJAAN YANG TELAH MEREKA LAKUKAN ADALAH SALAH SEMUA…Saya berdoa agar orang-orang ini yang oleh mana Tuhan telah meletakkan kepada mereka suatu beban pekerjaan yang hikmat, dapat memberikan suara trompet yang khusus, dan memuliakan Tuhan pada setiap langkah, dan setiap jejak langkah mereka dapat bertumbuh lebih terang dan lebih terang lagi sampai pada akhirnya.” Letter 24, 1892.

Amaran di tolak

 

B. Pembelaan

 

Nabi Tuhan, Musa berdiri dan membelah pekabaran itu. (bilangan 14:11-39)

C. Pemberontakan.

Ellen G. White berkata :

Ketika saya (E.G. White) bermaksud meninggalkan Minneapolis, malaikat Tuhan berdiri disamping saya dan berkata: ‘Jangan begitu; Allah mempunyai tugas bagimu untuk dilakukan disini. Umat ini sedang melakukan pemberontakan Korah, Datan dan Abiram….Mereka telah menunjukkan penghinaan mereka terhadap Firman Tuhan. Setan telah membutakan mata dan mengacaukan pertimbangan mereka; dan kecuali setiap jiwa bertobat dari dosa, dari kebebasan yang tidak disucikan ini dan yang menghinakan Roh Allah, maka mereka akan berjalan dalam kegelapan.” –hal 45.

Musuh manusia dan Allah(Setan) tidak menghendaki kebenaran ini diberitakan dengan terang dan jelas; sebab ia tahu bahwa apabila umat ini menerimanya sepenuhnya, kuasanya akan dipatahkan. – Ellen G. White, RH 3 September 1889.

C. Pemberontakan.

 

Pemberontakan Korah, Datan dan Abiram (bilangan 16)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ellen White mati tahun 1915

 

Musa mati sebelum bangsa Israel Keluar mesir

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Walaupun umat Tuhan  Gereja Masehi Advent Hari ke 7 telah jatuh namun tetap saja Tuhan telah memilih GMAHK sebagai jemaatnya sampai pada penutupan sejara dunia dan tidak ada sama sekali pernyataan amaran keluar dari gereja advent (hanya ada panggilan bertobat);

“Di dunia ini hanya ada satu gereja yang sekarang ini sedang berdiri di tembok yang rusak dan sedang memperbaiki pagar dan membangun tempat-tempat yang sudah rubuh…hendaklah semua orang berhati-hati jangan berteriak menentang satu-satunya umat yang sedang memenuhi gambaran yang diberikan tentang umat yang sisa itu, yang menuruti semua hukum Allah dan iman kepada Yesus … Allah memiliki umat yang khusus, sebuah gereja di atas bumi ini yang tidak ada duanya melainkan unggul dengan semua sarananya untuk mengajarkan kebenaran, untuk membela hukum Allah…saudaraku, kalau engkau mengajarkan bahwa Gereja Masehi Advent hari ketujuh adalah Babel, engkau salah.” Testimonies to Ministers and Gospel Workers 50, 58, 59 (1893)  Peristiwa2 Akhir Zaman, hal 27 (E.G.W)

Gereja sudah gagal, gagal secara menyedihkan, untuk memenuhi keinginan Penebusnya, Namun Tuhan tidak menarik diri dari umatNya. Ia masih tinggal dengan mereka, bukan karena suatu kebaikan yang ada dalam diri mereka, tetapi supaya namaNya tidak dihinakan di hadapan musuh-musuh kebenaran dan kesalehan, agar kaki tangan Iblis tidak berjaya dalam kebinasaan umat Allah  … Ia telah lama bersabar dengan pemberontakan, ketidakpercayaan dan kebodohan mereka. Dengan panjang sabar dan belas kasihan yang ajaib Ia telah mendisiplin mereka. Kalau mereka mau mempedulikan petunjuknya, niscaya Ia akan menghapuskan kecenderungan-kecenderungan pelanggaran mereka, menyelamatkan mereka dengan keselamatan yang kekal dan menjadikan mereka sebagai monumen-menumen abadi dari kuasa anugerahNya.  Signs of the Times, 13 November 1901. Peristiwa-peristiwa Akhir Zaman H 31 (Gereja Allah Akhir Zaman)

Saya bertambah semangat dan merasa diberkati apabila saya menyadari bahwa Allah israel masih tetap menuntun umatNya, dan bahwa Ia harus menyertai mereka sampai kepada kesudahan. GC Bulletin may 27, 1913 P. 165

 

Saya berbesar hati dan senang ketika saya mengetahui bahwa Allah Israel masih membimbing umatNya dan bahwa Ia akan terus bersama mereka, bahkan sampai kesudahan.  Selected Messages book 2, h.406 (1913)

 

Tuhan tidak memberikan kepadamu suatu pekabaran untuk menyebut Masehi Advent Hari Ketujuh itu Babel, Lalu memanggil keluar umat Allah dari padaNya. Segala alasan yang engkau bisa kemukakan tidak berarti bagi saya dalam soal ini, karena Tuhan telah memberikan kepada saya terang yang pasti bahwa itu bertentangan dengan pekabaran demikian . . . .  Saya tahu bahwa Tuhan mengasihi gerejanNya. Itu tidak boleh dibubarkan ataupun dipecah-pecah menjadi atom-atom yang berdiri sendiri. Tidak ada sedikitpun ketetapan dalam hal ini; tidak ada sedikitpun bukti bahwa hal ini akan terjadi  2SM 63, 68, 69 (1893)

Kita sekarang tidak bisa melangkahi dasar yang Allah telah letakan. Sekarang kita tidak boleh mangadakan suatu organisasi yang baru, karena ini berarti suatu kemurtadan dari kebenaran.

– 2SM 390 (1905)

 

Saya telah menulis surat-surat yang panjang dari waktu ke waktu kepada mereka yang menuduh gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh  tergolong (Telah menjadi Babilon) Mereka sebenarnya tidaklah membawa kebenaran.

2SM 63)

Tinggalkan komentar